Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara gampang membuat screenshot desktop pada ubuntu

 

 

Ksnapshoot merupakan aplikasi  desktop capture, istilah mudahnya yaitu aplikasi  untuk mengambil  screenshot  area  desktop  maupun seluruh isi  komputer  Anda yang berbasis grafik.  Tool  ini sangat berguna sekali untuk kebutuhan pelengkap media ajar yang ada pada e-book termasuk e-book yang Anda baca sekarang ini. Bahkan juga berguna hanya untuk ajang show-off tampilan desktop keren Anda. Paket  ini  bisa  Anda temukan di  Ubuntu Software Center  dengan nama paket ksnapshot, atau bisa juga melalui install terminal sudo apt-get install ksnapshot.

 

1. Mengaktifkan ksnapshot
Setelah meng-install ksnapsot Anda bisa mengaksesnya di menu Applications → Graphics → ksnapshot. Akan terbuka window seperti gambar di bawah  ini

 

image

 

2. Penggunaan ksnapshot


1) Capture Layar Desktop secara keseluruhan
Pada bagian Capture mode pilih Full Screen dan klik New Snapshot, secara default ksnapshot  langsung men-capture desktop  saat  start. Pada mode ini  Snapshot delay diset  0 second dan klik New Snapshot  untuk memulai dan klik area pada desktop untuk melakukan capture.
2) Capture Window yang aktif
Pada bagian  Capture mode  pilih  Window Under Cursor.  Snapshot  delay  diset  menjadi  4 seconds,  kalau  Anda  ingin  window border  tampil  beri tanda  cek  pada  Include  window decorations  dan  klik  New Snapshot.  Kemudian  letakkan  pointer  mouse  pada  title bar window  yang akan dicapture dan klik sekali. Hasil capture akan muncul setelah 4 detik.

3) Capture Region (wilayah yang diseleksi)
Pada bagian  Capture mode pilih  Region,  snapshot  delay  diset  0 second  dan klik New Snapshot  untuk memulai. Sekarang tinggal  pilih area yang akan di-capture (seperti Anda menambahkan kotak di  OpenOffice), tekan tombol  Enter  untuk  mengambil  gambar  atau  tekan  tombol  ESC  untuk membatalkan.
4) Caputer Section Window
Pada bagian Capture mode pilih Section of Window,  snapshot delay diset  4 seconds dan klik tombol  New Snapshot  untuk memulai dan klik pada area window aktif. Fitur ini akan memilih area capture secara spesifik dari window aktif; misalnya : listview nautilus, toolbar, panel dan lainnya.

 

3. Menyimpan Hasil Capture
1) Sebagai File Gambar
Setelah  Anda  men-capture,  klik  tombol  Save  As.. dan  simpan  seperti biasa.
2) Membuka Langsung dengan Program pengolah gambar
Setelah proses  capture selesai klik tombol  Open With  dan disana akan  muncul program yang bisa digunakan untuk membuka file gambar seperti Gimp.
3) Men-copy ke clipboard dan paste pada program lain seperti OpenOffice

Tinggal klik tombol Copy to Clipboard setelah selesai capture dan file siap dipaste keprogram lain.

Post a Comment for "cara gampang membuat screenshot desktop pada ubuntu"