Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

rekomendasi pemutar multimedia untuk ubuntu


sebenarnya software atau aplikasi pemutar multemedia pada ubuntu telah mengalami banyak perkembangan.dan juga sudah tersedia banyak sekali aplikasi dan software pemutar multimedia yang telah mendukung untuk ubuntu sendiri.berikut [pemutar multimedia yang sering digunakan :



1. Rhythmbox

1) Tentang Rhythmbox
Rhythmbox adalah aplikasi pemutar musik populer untuk desktop Gnome  yang terinspirasi dari Apple I-Tunes, menggunakan multimedia framework Gstreamer dan merupakan aplikasi bawaan Ubuntu.

image

2) Instalasi Rhythmbox

Karena  Rhythmbox merupakan  aplikasi  bawaan  Ubuntu,  jadi  sudah  terinstall  secara  langsung  dan  tinggal  menginstall  beberapa  codec Gstreamer  agar bisa memutar file  .mp3 .wma  dan jenis file multimedia lainnya yang berlisensi. Untuk  meng-install  codec  Gstreamer  buka  Application  → Accessories → Terminal  lalu ketikkan perintah dibawah ini.

$ sudo  apt-get  install  gstreamer-plugins-bad  gstreamer-  \
plugins-ugly  gstreamer-plugins-ugly-multiverse  gstreamer-  \
plugins-bad-multiverse
Keterangan :
Baris yang diakhiri dengan \ berarti satu baris yang bersambung.

3) Menggunakan Rhythmbox

Buka di menu Applications  → Sound & Video  → Rhythmbox Music Player.  Jika window rhythmbox tidak muncul coba cek di area notifikasi icon mirip Loudspeaker  di  bagian  sudut  kanan  atas  desktop,  klik  lalu  pilih  Show Rhythmbox

image

Kalau  window Rhythmbox  sudah  muncul  klik  Music  → Import  Folder

image

Pilih folder yang berisi  koleksi musik yang ingin ditambahkan ke dalam library musik rhythmbox, jika sudah ketemu klik open dan tunggu sampai rhythmbox selesai  memindai  koleksi  musik.  Untuk  memainkan,  klik 2x lagu yang diinginkan. Untuk membuat playlist baru : klik kanan pada lagu yang diinginkan → Add To Playlist  → New Playlist, lalu ketikan nama playlist yang diinginkan

image

4) Fitur Tambahan Rhythmbox

Selain untuk mendengarkan koleksi  musik  rhythmbox juga  mempunyai  segudang  fitur-fitur  canggih  seperti  yang  tampak  pada  gambar   berikut.

image

Pada gambar di  atas fitur-fitur  yang terdapat dalam  Rhythmbox antara lain:

◦ Podcast
◦ Radio Dengarkan stasiun radio favorit secara Online seperti Last.fm
◦ Toko Musik Online Hargai karya cipta seniman musik, beli yang original melalui toko musik
online seperti : Magnatune, Ubuntu Music Store, Jamendo dan lainnya.
◦ Perbaharui Status IM sesuai dengan lagu yang diputar
◦ Import musik dari Portable mp3 player, Handphone, Ipod dan lainya.
◦ Tag Editor
◦ Gapless Playback dengan Crossfade plugin

2. Audacious

1) Tentang Audacious

Tak bisa lepas dari  winamp? Tenang saja Ubuntu menyediakan aplikasi mirip  winamp  yang tak kalah hebatnya yaitu  audacious  -  “your  music,  your  way,  no  exception”.  Berikut  tampilan  window audacious

image

2) Installasi Audacious

Seperti  biasa,  buka  Application  → Accessories  → Terminal  lalu  ketikan  perintah berikut:

$ sudo apt-get install audacious

Atau  bisa  diinstall  melalui  Ubuntu  Software  Center.  Beda  dengan Rhythmbox, Audacious langsung menyediakan dukungan format .mp3 dan lainya.

3) Menggunakan Audacious

Buka  Aplication  → Sound & Video  → Audacious  atau  Sound & Video →  Audacious(GTKui)  untuk  versi  gtk(GTKui).  Secara  umum  penggunan audacious sama dengan menggunakan winamp. Cukup drag dan drop file musik ke window Audacious dan mainkan atau klik kanan pada file musik lali open with  → Audacious.

image

Mengatur  playlist dengan  Audacious  sangatlah  mudah,  klik  tombol  list  atau icon musik pada pojok kanan bawah Audacious, pilih Export Playlist  atau dengan tombol singkat Shift+S

image

4) Simpan Playlist

Audacious juga  menyediakan  fitur  tag  editor yang  digunakan  untuk  mengubah Judul,  Artis,  Album,  Genre,  Tahun,  Nomor  Trek dan lainnya

5) Fitur-fitur tambahan Audacious
◦ Skin Audacious bisa menggunakan skin Winamp versi 2.x
◦ Graphic Equalizer
◦ Crystalizer Membuat suara menjadi lebih jernih
◦ Extra Stereo
◦ Alarm Otomatis memainkan musik pada waktu yang ditentukan
◦ Gapless Playback dengan Crossfade plugin
image

3. Exaile

1) Tentang Exaile

Exaile adalah pemutar dan manager  musik yang disebut-sebut  sebagai amarok-nya desktop  Gnome,  dibuat  menggunakan  bahasa  python  dan GTK+ serta menggunakan multimedia framework Gstreamer

image

2) Installasi Exaile

Exaile dapat diinstall  melalui  terminal ataupun  Ubuntu Software Center.  Melalui terminal caranya :  Buka Application  → Accessories  → Terminal laluketikan perintah berikut:

$ sudo apt-get install exaile

Akan  tetapi  exaile  belum mampu  memutar  musik  format  proprietary  seperti mp3 dan wma. Agar dapat memainkan berbagai jenis musik, perlu meng-install beberapa codec lagi dengan perintah berikut:

$ sudo  apt-get  install  gstreamer-plugins-bad  gstreamer-\
plugins-ugly  gstreamer-plugins-ugly-multiverse  gstreamer-\
plugins-bad-multiverse
Keterangan :
Baris yang diakhiri dengan \ berarti satu baris yang bersambung.

3) Menggunakan Exaile

Sama  dengan  beberapa  aplikasi  pemutar  musik  lainnya,  untuk  menjalankan aplikasi tersebut,  double click atau klik kanan file-file musik kemudian pilih  open with – exaile  atau  drag and drop  file-file musik ke window playlist. Fungsi utama dari  exaile adalah sebagai  music manager sama seperti Rythmbox, Amarok dan Banshee yang menyediakan fasilitas import koleksi musik untuk mempermudah pengaturan file-file musik.

4) Mengimpor koleksi musik

Mengimpor  koleksi  musik di  exaile sangatlah mudah,  caranya klik pada  Berkas – Open Directories ()  lalu pilih folder  yang merupakan gudang musik anda, atau bagi  yang terbiasa menggunakan winamp cukup  drag and drop file-file musik ke dalam playlist.

image
5) Mengatur Playlist

Playlist merupakan  satu  hal  yang  wajib  dimiliki  setiap  music  player, melalui  playlist  Anda bisa mengelompokan lagu-lagu favorit. Begitu jugadi  Exaile mengatur playlist sangatlah mudah, dengan fitur tabbed playlistyang bisa membuka lebih dari satu playlist dalam waktu yang bersamaan,cukup tekan CTRL+T, untuk mengaktifkan fitur ini.Untuk  menambahkan  lagu  ke  daftar  main  (playlist) yang  sudah  adacaranya, klik kanan pada lagu yang diinginkan pilih Tambahkan ke daftar main kostumisasi lalu pilih daftar main yang diinginkan, sedangkan untuk membuat playlist baru pilih Daftar Lagu Baru.

image

6) Menggunakan  Lyric Plugin

Pilih  Sunting  → Preferences lalu pilih  plugin,  cari  plugin yang bernama  Lyric  Wiki,  Lyrics  Fly,  Lyric  Viewer dan  centang  ketiganya  untuk mengaktifkan. Mainkan sebuah lagu, klik tab lyrics Plugin ini berfungsi jika artis dan judul dan artis benar dan ada koneksi internet.

image

4. Amarok
1) Tentang Amarok

Amarok  merupakan  aplikasi  pemutar  musik  yang  sangat  terkenal terutama di  desktop KDE, bahkan ada juga beberapa pengguna  desktop GNOME  yang  tetap  menggunakan  Amarok.  Amarok  disukai  umumnya karena tampilan yang menawan serta fitur-fitur yang cukup lengkap dan mudah dikostumisasi sesuai keinginan end user. Berikut tampilan window amarok

image


2) Installasi Amarok

Untuk pengguna desktop KDE (Kubuntu), Amarok sudah ter-install secara default  tinggal  meng-install  beberapa  codec  tambahan  supaya  bisa memutar file-file mp3. Jika Anda pertama kali membuka aplikasi  amarok, akan  muncul  pemberitahuan  di  area  notifikasi  seperti  gambar dibawah ini

image

Klik  Details  untuk melanjutkan, akan muncul  lagi  window untuk memilih apa saja yang akan di install. Klik install selected, kemudian muncul dialog yang menanyakan konfirmasi  password, masukan password lalu klik OK.  Tunggu  beberapa  saat  Amarok  siap  digunakan,  atau  bisa  juga  menginstall lewat terminal :

Buka  K-Menu  → Application  → System  → Terminal 

lalu ketikan perintah berikut:

$ sudo apt-get install libmp3lame0 libxine1-plugins

Bagi yang menggunakan desktop Gnome, satu-satunya cara, harus meng- install  amarok dari awal.  Buka

Application  → Accessories  → Terminal 

laluketikan perintah berikut:

$ sudo apt-get install amarok libmp3lame0 libxine1-plugins
◦ Mengatur Playlist
Cukup  drag and drop  file-file musik ke  playlist  amarok  untuk  mulaimemakainya,  atau juga mem-browse  secara langsung file-file musik melalui sidebar pada menu Files.
• Pengaturan  playlist  dapat dilakukan melalui  toolbar, tepat di  bawah  playlist.  Mulai  dari  menyimpan,  meghapus,  undo-redo dan lainnya

image

• Untuk  menyimpan  playlist tekan tombol  Save  (icon  disket)  secaraotomatis  playlist  disimpan  pada  Internal  Database  amarok  yang namanya sesuai dengan hari, bulan ,tanggal dan jam.
• Playlist yang  namanya  seperti  :  Thu  June  17  10  11:52  rasanya kurang enak dipadang,  untuk  mengganti  nama  playlist  klik  kanan pada playlist – Rename lalu masukan nama yang diinginkan

image

◦ Mengatur Koleksi musik
Untuk meng-import semua file musik melalui  collection  caranya:
klikSettings  → Configure Amarok pada tab Collection centang folder yang berisi koleksi musik kemudian klik Apply.
◦ Fitur-fitur Amarok
Salah  satu  alasan  banyak  yang  menyukai  amarok adalah  karena fiturnya yang melimpah seperti:
• Context
Widget Context  merupakan salah satu daya tarik  Amarok,  dikemas dengan tampilan yang menarik,  widget  ini  memiliki  banyak fungsi seperti:
- Pengunduh lirik dan sampul album
- Informasi lagu/artis/album di wikipedia
- Rating, dan lainya.

image

image


Applet default yang terdapat pada context, hanya current track dan lyric  untuk menambakan applet yang lain klik ikon tang pada pojok kanan  bawah  context  untuk  meng-unlock  applet  lalu  klik  tanda tambah (+)  selanjutnya klik pada  applet  yang diinginkan misalnya Wikipedia dan klik lagi ikon tang untuk mengunci kembali applet.
Sedangkan untuk menghapus klik ikon tang, secara otomatis muncul tanda silang (x) pada applet yang sedang aktif. Klik tanda silang (x) dan applet berhasil dihapus

image

• Amarok Script
• Layout player yang bisa diubah-ubah
• Integrasi MySQL database
• 10 Band Graphic Equalizer
Dan masih banyak lagi fitur-fitur  amarok yang lain, yang pastinya harus Anda cari dan coba sendiri. Selamat menikmati Amarok..
5. Totem Movie Player

1) Tentang Totem Movie Player

Totem Movie Player merupakan aplikasi pemutar video default  di  Ubuntu yang menggunakan  Gstreamer  multimedia  framework  dan  xine library. Berikut ini window Totem Movie Player

image


2) Installasi Totem Movie Player

Untuk pengguna Ubuntu, Totem Movie Player merupakan aplikasi bawaan  sehingga  cuma perlu meng-install  beberapa  codec  tambahan agar  bisa
memainkan  berbagai  jenis  video. 
Buka  Application  → Accessories → Terminal, lalu ketikan perintah berikut:

$ sudo apt-get install gstreamer-plugins-bad gstreamer-pluginsugly
gstreamer-plugins-ugly-multiverse
gstreamer-plugins-badmultiverse
Keterangan :
Baris yang diakhiri dengan \ berarti satu baris yang bersambung. Sedangkan untuk memutar  Encrypted DVD  perlu menginstall  libdvdcss dengan menjalankan skrip berikut:

$ sudo /usr/share/doc/libdvdread4/install-css.sh

3) Menggunakan Totem Movie Player

Menggunakan Totem Movie Player sangat mudah apalagi  buat  end user yang baru bermigrasi dari  windows, dengan tampilan sidebar yang mirip WMP, mengatur playlist-pun jadi tidak sulit.
◦ Memutar File Video
Cukup dengan double click pada file yang ingin diputar atau drag and drop  ke  playlist,  maka  Anda  sudah  bisa  menikmati  video  dengan Ubuntu.
◦ Mengatur Playlist
Pada  pojok  kanan  bawah  Totem Movie  Player,  tepatnya  di  bawah playlist  terdapat  icons  yang  berfungsi  untuk  mengatur  playlist  diantaranya, menghapus item, menambahkan dan menyimpan playlist
image

• Menambahkan item ke playlist caranya, tekan tombol  add ( + ) da pilih file yang ingin ditambahkan
• Menghapus  item dari  playlist  caranya,  klik  pada  item yang  akan dihapus lalu tekan tombol ( - ).
• Menyimpan  playlist  cukup  tekan  tombol  save  playlist  ( )  lalu masukan nama playlist yang diinginkan.
◦ Streaming Video
Totem Movie Player mampu men-streaming video  dari  beberapa situs terkenal,  salah  satunya  Youtube  dan  BBC.  Klik  combo  box  yang terdapat di atas playlist, kemudian pilih saluran streaming.

image

◦ Memutar CD/DVD
Masukan CD/DVD yang ingin diputar lalu pilih  movie  selanjutnya  pilih disk yang diinginkan

image

◦ Membuat Screenshot
Ada adegan keren dalam film yang sedang Anda nonton dan anda ingin menjadikanya  wallpaper?  Totem  Movie  Player menyediakan  fitur screenshoot yang memungkinkan hal itu tanpa perlu direpotkan denganpenambahan  aplikasi.  Temukan adegan yang keren yang diinginkan lalu Pause, kemudian klik Edit  → Take Screenshot dan simpan.
Selain itu bagi para blogger yang sering mengulas film-film terbaru bisa memanfaatkan  fitur  Screenshot  Gallery pada  totem untuk  membuat cuplikan sekilas film dalam satu gambar. Klik Edit  → Create Screenshot Gallery, pilih folder tempat menyimpan gambar lalu klik save.

image

6. VLC Media Player

1) Tentang VLC Media Player

VLC Media Player (VideoLan Client)  adalah sebuah aplikasi  media player besutan  VideoLan  team,  bukan  hanya  sekedar  player  tapi  sekaligus streamer dan encoder. Gambar  window VLC Media Player

image

2) Installasi VLC Media Player

Langsung saja buka  Application  → Accessories  → Terminal  lalu ketikan  perintah dibawah ini:
$ sudo apt-get install vlc
Secara  otomatis  VLC  Media  Player  langsung  meng-install  codec  yang diperlukan atau dapat juga di install melalui Ubuntu Software Center.

3) Menggunakan VLC Media Player

◦ Memutar file video
Sama seperti  beberapa aplikasi  pemutar  video lainya,  cukup  double click atau klik kanan lalu pilih open with – vlc.  Bisa juga dengan drag and drop file ke window VLC Media Player untuk mulai memutarnya.
◦ Mengatur Playlist
• Klik View  → Playlist untuk memunculkan playlist.
• Gunakan  tombol  + untuk  menambahkan  file  satu  persatu  atau  memindai  folder  yang berisi  kumpulan file multimedia.  Klik  kananpada item yang dipilih untuk menghapus dari playlist.
image

◦ Streaming dengan VLC Media Player
VLC Media player mendukung banyak protokol streaming, tapi tak usah bingung memilihnya, cukup copy paste saja url streaming pada alamat maka secara otomatis  VLC Media Player  akan memilih protokol  yang sesuai.

image

Selain itu  VLC  Media  Player  juga  mendukung  Streaming  melalui Capture Device seperti Webcam, DVB dan lainya

image

4) Fitur-fitur VLC Media Player

VLC media player memiliki segudang fitur lainya; bagi yang ingin sekedar  memutar DVD dan file-file multimedia lainya hal-hal di atas sudah cukup
tapi bagi end user yang penasaran bisa mencoba sendiri fitur-fitur lainnya yaitu:
◦ Services Directory
◦ Audio, Video Effect dan Filter
◦ Track Synchronization

7. Gnome MPlayer

1) Tentang Gnome MPlayer

Gnome MPlayer merupakan front end dari aplikasi pemutar video Mplayer, yang  sudah  tentu  sangat  terkenal  karena  kemampuanya  memutar berbagai  format  video  dan  audio.  Berikut  tampilan  window  Gnome MPlayer

image

2) Installasi Gnome MPlayer
Langsung saja buka  Application  → Accessories  → Terminal  lalu ketikan  perintah berikut:

$ sudo apt-get install gnome-mplayer

Dapat juga di-install melalui Ubuntu Software Center.

3) Menggunakan Gnome MPlayer

Cara membuka file multimedia di Gnome Mplayer sama seperti multimedia player lainnya, cukup drag and drop ke window gnome Mplayer atau klik

kanan  → open with  → Gnome Mplayer.


Sedangkan untuk memainkan CD, VCD atau DVD pilih File  → Disc lalu pilih yang sesuai, bahkan Anda juga dapat membuka DVD dari folder beserta subtitle-nya.
◦ Mengatur Playlist
Klik menu  View  → Playlist  untuk menampilkan  playlist. Dari  sini  Anda bisa  menambahkan  item dengan  drag  and  drop,  menghapus  item, menyimpan playlist  dan mengosongkan playlist  yang ditunjukkan oleh ikon di bawah playlist


image

◦ Mengatur kecerahan, kontras dll

Klik menu  View  → Video Picture Adjustments,  Anda dapat  mengatur tingkat  kecerahan,  kontras, gamma, hue dan satuartion dari  window pengaturan ini. Fitur  Video Picture Adjustments  diperlukan saat  video terasa terlalu gelap atau terlalu cerah.

image

Post a Comment for "rekomendasi pemutar multimedia untuk ubuntu"