Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa anti virus yang dipakai pada ubuntu

 

1. Seberapa penting Antivirus di GNU/Linux?

Sering  terdengar  bahwa  salah  satu  kelebihan  sistem operasi  GNU/Linux adalah “kebal” terhadap serangan virus! Lantas buat apa memasang antivirus di GNU/Linux?
Ada  beberapa  alasan  yang  mendasari  kenapa  diperlukan  antivirus  di GNU/Linux sebagai berikut:
1) Jika  komputer  yang digunakan  memiliki  sistem operasi  lebih dari  satu  (salah satunya adalah Windows). Penulis pernah membaca sebuah artikel tentang  virus yang  bisa  menginfeksi  file  executable  multi  operation system (Windows, GNU/Linux dan Mac).


2) Scan  flashdisk yang sering dipakai  di  Windows, sehingga bisa mencegah penyebaran virus di Windows dan bekerja lebih nyaman. Dengan  dua  alasan  di  atas  antivirus di  lingkungan  GNU/Linux  juga  perlu mendapat  perhatian.   Saat  ini  sudah  banyak  vendor-vendor  antivirus

 

windows yang menciptakan antivirus untuk GNU/Linux, mulai dari  AVG, Eset Antivirus dan yang lainnya.
Kali ini penulis mengulas antivirus yang lisensinya sesuai dengan GNU/Linux yaitu  General  Public  License  (GPL),  antivirus ini  dikenal  dengan  nama ClamAV. ClamAV masih merupakan antivirus yang bekerja di mode command line, penulis yakin banyak pemula GNU/Linux yang tidak suka dengan hal ini,
sehingga versi grafis atau  GUI  dari  ClamAV  yaitu  KlamAV  dibuatkan.  Untuk memulai instalasi antivirus ini, ketikkan perintah berikut pada terminal:


$ sudo apt-get install klamav


Perlu diketahui,  KlamAV tidak mempunyai fitur  On Access Scanner (realtime  scanner) seperti antivirus  yang sering ditemukan di Windows, KlamAV hanya bisa melakukan proses scanning pada file atau folder.

2. Menjalankan KlamAV saat pertama kali


Setelah selesai terinstall, aplikasi ini bisa Anda temukan di menu

 

Applications → System Tools → KlamAV .


Berikut tampilan pertama saat KlamAV dijalankan seperti gambar dibawah ini .selanjutnya  yang harus dilakukan adalah men-setting beberapa hal, dengan demikian klik Next untuk melanjutkan.

 

image

Setting lokasi direktori database dan quarantine KlamAV

 

image

 

Yang perlu diperhatikan sebagai berikut:
• Signature Database Location : /home/<nama_user_login_Anda>/.klamav/ database
• Quarantine Locaton : /home/<nama_user_login_Anda>/.klamav/quarantine
Di mana <nama_user_login_Anda> adalah akun user milik Anda.  Klik Finish untuk menyelesaikan wizard dan download database terbaru dari situs resmi Clamav.

 

3. Scan File atau Folder

image

Beri tanda cek pada direktori yang akan diperiksa  dan tekan tombol  Scan (beri  tanda cek pada checkbox  Scan Folders Recurseively jika  ingin  memeriksa  direktori  berserta  isi  di  dalamnya).  Tunggu  proses  scan sampai selesai.
Jika Virus Terdeteksi!
Untuk melakukan pengetesan ini  penulis mengambil  sample  virus lokal dari situs  Morphost  AV.  Berikut  tampilan  saat  virus windows terdeteksi  oleh KlamAV

 

image

 

Klik tombol  Quarantine untuk mengkarantina semua  virus yang terdeteksi. Jika Anda ingin menghapus file virus ini secara permanen, Anda bisa masuk ke Tab Quarantine. Untuk menghapus file virus, pilih semua file virus dan klik tombol  Delete, sebelumnya klik tombol  Refresh untuk memperbaharui daftar
file yang ter-karantina. Seperti yang tampak pada gambar

 

image

 

4. Update Database Antivirus
Ada dua cara untuk meng-update database antivirus layaknya antivirus yang  lain.  Yaitu dengan cara  download file  update (update  offline)  dan dengan update manager clamav.

1) Download File Update
Cara  yang  pertama  ini  berguna  untuk  end  user yang  tidak  memiliki  koneksi  internet langsung.  Untuk  melakukan  cara  ini,  Anda  ke  situs clamav di  http://www.clamav.net. Selanjutnya lihat bagian berikut untuk download database clamav

 

image

 

Di sana terlihat dua buah database antivirus yaitu main.cvd dan daily.cvd. File  main.cvd tidak  dirilis  setiap  hari.  Jika  Anda  baru  pertama  kali menggunakan clamav, download kedua file di atas dengan cara klik kanan masing-masing link dan pilih menu Save Link As... Perhatikan tanggal rilis sebelum mulai  mendownloadnya,  sehingga  Anda  bisa  tahu mana yang perlu Anda download.
Untuk  menggunakan  file  update ini,  letakan  dalam  direktori  dimana clamav  telah  diseting  waktu  pertama  kali  diaktifkan  (pada  contoh  ini terletak  di  folder  /home/<nama_user_login_Anda>/.klamav/database); Copy kedua file tersebut.

2) Update Langsung dari Klamav
Cara  yang  kedua  ini  mempunyai  keuntungan,  yaitu  ukuran  file  yang  didownload  relatif  kecil  karena  dilakukan  update secara  berkala.  Cara melakukannya adalah masuk ke tab Update dan klik tombol  Update Now tidak diperlukan melakukan setting tambahan.

 

image

 

5. Update  Antivirus
Cara yang aman melakukan update antivirus adalah dengan menunggu versi  terbaru clamav dari update manager Ubuntu

sumber dari : www.ubuntu-indonesia.com

1 comment for "apa anti virus yang dipakai pada ubuntu"

  1. Regular visits listed here are the easiest method to appreciate your energy, which is why why I am going to the website everyday, searching for new, interesting info. Many, thank you onsist.com

    ReplyDelete